Kenali Perbedaan Sperma Yang Sehat dan Tidak Sehat

Kenali Perbedaan Sperma Yang Sehat dan Tidak Sehat – Sperma merupakan bagian penting dari tubuh dan mempunyai peran besar untuk menghasilkan seorang anak yang di dambakan. Bagi seorang pria, kesehatan sperma adalah hal terpenting yang harus dimiliki. Banyak orang yang mencari cara agar mereka memiliki sperma sehat, sehingga dapat mempermudah untuk mendapatkan seorang anak dan menjadikan pria tersebut sebagai seorang ayah yang bahagia. Oleh sebab itu pada kali ini kami akan membahas tentang perbedaan dari sperma yang sehat dan tidak sehat :

Sperma Yang Sehat :

  • Air sperma dari pria yang sehat adalah berwarna putih atau abu abu akan tetapi ada juga yang berwarna agak ke kuningan namun hal tersebut masih dianggap normal. Namun apabila sperma yang keluar berwarna kemerahan maka hal tersebut merupakan sebuah penyakit sehingga memerlukan penanganan khusus / disegerakan pergi ke dokter.
  • Air mani yang keluar saat ejakulasi biasanya terasa lengket. Ciri lain dari sperma yang sehat yaitu ketika ejakulasi atau dikeluarkan maka sperma tersebut terasa lengket, oleh karena itu hal seperti ini pun harus diperhatikan untuk menunjang kualitas sperma supaya cepat mendapatkan keturunan.
  • Cairan sperma yang keluar saat ejakulasi adalah sekitar 2-5ml atau 1-2 sendok makan. Bagi pria yang normal biasanya saat ejakulasi dapat mengeluarkan jumlah sperma sebanyak 1 hingga 2 sendok makan. Apabila kurang, bisa dikatakan bahwa sperma tersebut mengalami kekeringan atau hyphspermia ( ejakulasi kering ).
  • Setiap 1 ml air mani maka akan menghasilkan 20 juta sperma, dalam hal ini anda tidak harus bingung untuk menghitung jumlah sperma yang ada melainkan untuk mengetahui hal tersebut bisa langsung datang ke dokter karena harus menggunakan alat bantu seperti mikroskop. Apabila jumlah sperma yang dihasilkan sesuai, yaitu sekitar 20 juta sperma maka anda dapat bernafas dengan lega.

Sperma yang tidak sehat :

  • Jumlah sperma. Ciri pertama dari sperma tidak sehat yaitu volume sperma yang dikeluarkan berjumlah sedikit kurang dari 2-5 ml. Namun jangan salah, volume yang berlebihan juga dianggap sebagai ciri dari sperma tidak sehat. Untuk sperma yang kurang biasanya ditemukan pada beberapa kasus seperti azoospermia ( sperma kosong ) atau oligozoospermia ( sperma kurang ).
  • Bentuk Sperma. Sperma yang sehat terdiri dari kepala , tubuh sperma, dan ekor. Untuk Sperma yang tidak sehat biasanya terjadi perubahan pada bentuk kepala seperti terlalu besar, atau tidak mempunyai ekor yang akan mempengaruhi pergerakan sperma ke sel telur.
  • Cairan Sperma Terlalu Kental. Sperma yang tidak sehat bukan hanya terlihat seperti sperma yang encer, namun bentuk sperma yang kental juga bisa menjadi penyebab sperma tidak sehat. Karena dengan sperma yang kental dapat menyebabkan sperma sulit untuk bergerak
  • Sperma berbau busuk. Biasanya sperma yang sehat akan mengeluarkan bau atau aroma seperti klorin. Namun apabila anda menemukan bau dari sperma seperti bau busuk, maka dipastikan sperma tersebut tidak sehat karena bisa saja adanya sebuah infeksi pada bagian saluran keluarnya sperma sehingga menyebabkan aroma dari sperma tersebut berbau tak sedap.

Baca Juga : Faktor yang dapat merusak kualitas sperma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *