Kenali Faktor Yang Dapat Merusak Kualitas Sperma Pria

5 Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kualitas Sperma

Penyebab Kualitas Sperma Menurun

Faktor Yang Dapat Merusak Kualitas Sperma Pria – Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pada sistem tubuh manusia yang dapat menyebabkan produksi sperma menjadi menurun sperti dikarenakan oleh faktor lingkungan, faktor gaya hidup dan faktor kesehatan. Secara biologis produksi sperma merupakan proses yang memerlukan fungsi normal dari testis, hipotalamus dan kelenjar hipofisis. Setelah sperma diproduksi di testis maka tabung kecil akan mengangkutnya sampai bercampur dengan sperma dan diejakulasikan dari alat kelamin pria. Meskipun pria memproduksi jutaan sperma setiap harinya namun faktor dari luar pun bisa mempengaruhi kualitas sperma tersebut karena sperma membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk tumbuh menjadi matang. Berikut adalah faktor yang dapat merusak kualitas sperma pria :

1. Alkohol. zat yang terkandung dalam minuman beralkohol dapat menyebabkan menurunnya kadar testosteron dan menyebabkan produksi sperma menjadi berkurang.

2. Pekerjaan. Seperti contoh orang yang terlalu lama bekerja di depan komputer dapat menyebabkan masalah yakni ketidaksuburan pada sperma karena radiasi dari komputer tersebut sangat berbahaya.

3. Polusi udara. Menurut peneliti asal New York yaitu Susan Benoff, MD yang merupakan direktur dari Fertility Research Labolatories mengatakan bahwa timah dapat mengganggu kemampuan sperma melebur dan untuk membuahi sel. Lantas apa hubungannya polusi udara sama timah? Pada dasarnya pembakaran hasil kendaraan bermotor dapat menghasilkan polusi udara timah  dan sisa pembakaran tersebut juga menghasilkan karbon monoksida serta partikel lain yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

4. Suhu Testis. Usahakan suhu testis selalu normal dan sejuk. Hindari penggunaan celana yang ketat karena dapat menimbulkan suhu yang panas. Gunakanalah celana yang longgar atau pada saat tidur sebaiknya jangan menggunakan celana dalam supaya suhu dalam celana tidak panas dan juga dapat melancarkan peredaran darah pada alat kelamin.

5. Penyakit. Ada beberapa penyakit yang dapat mempengaruhi kualitas dari sperma seperti penyakit dibawah ini :

  • Infeksi. Infeksi dapat mengganggu produksi sperma karena dapat menyebabkan jaringan parut yang menghalangi aliran sperma. Contoh pada infeksi menular seksual, radang prostat dan penyakit infeksi saluran kemih lainnya.
  • Tumor. Penyakit tumor secara umum dapat mempengaruhi terhadap organ tubuh reproduksi pria dimana kelenjar hipofisis yang memproduksi hormon yang berhubungan dengan sistem reproduksi menjadi terganggu.
  • Varikokel. Penyakit ini terjadi karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah dan pada testis yang menyebabkan pendinginan pada sperma sehingga produksi sperma menjadi terlambat dan mempengaruhi kualitas sperma tersebut.

Artikel Lainnya : Penyakit Sperma Berdarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *